Minggu, 28 Desember 2014

Sang Demisioner Organisasi Kampus



Sang Demisioner Organisasi Kampus

oleh Kelompok 1

                Seorang pemuda berpakaian safari hitam yang belum tertera atribut kedinasan yang tidak lain ialah Mahasiswa tingkat akhir dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unswagati Cirebon tengah duduk bersila di kesekretariatan HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan). Ia bernama Ahmadi, kelahiran 13 Desember 1992, Susukan Lebak, Kab. Cirebon.
Sehari-hari ia pengendara motor Yamaha Mio yang pada awal-awal masa perkuliahan sempat menggunakan jasa kendaraan umum (mobil) sebab ia sendiri melakoni pulang-pergi dari rumah ke kampus. Dengan jarak yang cukup jauh, sekitar 1 jam. Ahmadi  merupakan salah satu dari sekian banyak pemuda yang matang dalam organisasi kampus diantara kader-kader organisasi yang berhasil di masyarakat. Organisasi yang diikutinya tentu saja Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, sesuai dengan prodinya kuliah yang diambilnya.
“Saya menjadi anggota HMJ sejak tahun 2012 hingga 2014, dua periode,” ujarnya. Selama dua periode tersebut, ia berada di dalam Departemen Kaderisasi yakni Departemen yang mengurusi tentang pengkaderan anggota baru HMJ. Selama tiga tahun tersebut, waktu sebelum, sesudah kuliah atau saat jam istirahat, ia habiskan di Sekretariat HMJ. Selain untuk melepas penat dan lelah karena rutinitas perkuliahan, ia juga memanfaatkannya untuk berdiskusi masalah apapun, entah itu tentang keorganisasian itu sendiri atau tentang perkuliahan.
Selama menjadi kader di HMJ Diksatrasia, Ahmadi berusaha agar program-program kerja yang ia dan kawan-kawan terlaksana dengan sukses. “Kendala yang sering muncul pada saat program kerja akan dilaksanakan biasanya permasalahan dana,” ujarnya. Namun hal ini tidak menyurutkan semangat untuk melaksanakan program kerja yang sudah dirancang. Seperti pada salah satu kutipan yang ia tulis dengan menggunakan spidol hitam permanen di belakang pintu sekre, yang bunyinya “Aku disini tidak untuk menumpang nama saja! Tapi aku disini untuk bekerja/belajar”.
Pekan Diksatrasia dan Bulan Bahasa adalah kegiatan unggulan yang dimiliki oleh HMJ Diksatrasia Unswagati Cirebon. Dengan berbagai perlombaan di dalamnya, entah itu mengenai sastranya atau pun kebahasaannya serta yang lainnya.
Saat ini Ahmadi sudah menjadi demisioner, atau dengan kata lain sudah tidak memegang kekuasaan dalam organisasi HMJ ini, namun ia masih berhak untuk mengawasi. Ilmu yang ia dapatkan saat di organisasi diterapkan dan diaplikasikannya dalam kehidupan masyarakat. “Di desa saya. saya berencana mendirikan sebuah perpustakaan,” tuturnya. Idenya itu ia beri nama dengan Program Desa Membaca, yang bekerja sama dengan kelurahan tersebut. Yang diharapkan dengan adanya kegiatan ini adalah agar keberminatan masyarakat terhadap membaca di desanya itu dapat meningkat.
Selain Program Desa Membaca, menjelang perayaan tahun baru, ia akan mengadakan program akhir tahun. Tujuannya, agar pemuda yang ada di Desa Susukan Lebak tidak keluyuran saat pergantian tahun dan mempersatukan kembali semangat kepemudaan.
Menurutnya ada beberapa manfaat yang bisa ia dapatkan ketika berada dalam suatu organisasi. Yakni diantaranya bermanfaat ketika dalam pergaulannya. Kemudian menurutnya belajar itu tidak hanya focus di kelas saja, namun di organisasi pun kita bisa belajar dan apa yang sudah dipelajari dalam organisasi tersebut, bisa ia sharingkan kepada teman-temannya yang lain. Dengan pengalaman yang ia dapat itu juga membuat ia merasa bahwa apa yang didapatnya itu harus diaplikasikan dan diterapkan di masyarakat.
“Bongkar kotak-kotak kalian, lepaskan sekat yang terjadi dan seriuslah dalam mengabdi,” ujarnya seraya memberikan pesan singkat namun bermakna luas.

Nama kelompok: Teti Yohana, Rahayu Aliyaniwati, Nindi Aulia R, Cindy P.D, Arin Restu F, Firgianti Astori, Setiati Amanah.


1 komentar:

  1. If you're looking to lose pounds then you certainly need to jump on this totally brand new custom keto meal plan.

    To create this keto diet service, certified nutritionists, fitness trainers, and cooks united to develop keto meal plans that are powerful, suitable, money-efficient, and satisfying.

    Since their grand opening in early 2019, 1000's of clients have already transformed their figure and well-being with the benefits a good keto meal plan can offer.

    Speaking of benefits: in this link, you'll discover 8 scientifically-certified ones given by the keto meal plan.

    BalasHapus